Menghosting Website di Komputer Pribadi yang Memakai IP Dinamis Flexy Broadband

Nulis lagi…biar blognya tidak karatan. Kali ini saya akan membagi cara bagaimana meng”online”kan komputer anda sehingga bisa menjadi hosting sederhana untuk website yang anda buat. Untuk sementara di komputer anda pastikan sudah terinstal Xampp. Saya tidak akan menunjukkan cara instal Xampp, saya asumsikan anda sudah bisa.

1. Pastikan komputer anda sudah terhubung dengan internet. Pada contoh ini saya memakai modem Smartfren dengan kartu flexy broadband.

2. Agar localhost anda bisa diakses via internet, maka anda harus mengetahui ip publik pada komputer anda. Caranya untuk mengetahui ip publik anda adalah dengan  masuk ke menu Run—> ketik cmd.

3. Pada jendela console, ketikkan ipconfig, maka ip lokal dan ip publik anda akan muncul, seperti pada gambar di bawah ini:

CMD

Perhatikan ip di bawah tulisan PPP Adapter FLEXY, itu adalah ip publik komputer saya. tapi itu IP sementara, karena dinamis.

4. Kemudian anda juga harus masuk ke setingan firewall. Caranya via Control Panel—>Windows Firewall—> dan masuk ke Exeptions. Kemudian pilih Add Port. Pada jendela Add a Port ini name terserah anda dan Port Number isi dengan 80, pilih TCP. Seperti gambar dibawah. kemudian klik Ok, dan Ok. Maka localhost anda sudah bisa diakses via internet. Silakan coba dengan mengetikkan ip komputer anda dengan broser pada komputer lain untuk mencoba.

FIREWALL

5. Nah yang jadi masalah adalah IP yang dimiliki adalah IP dinamis, yang akan berubah-ubah setelah modem anda konek ulang. Cara mengatasinya adalah dengan mendaftar pada penyedia hosting dinamic DNS, agar anda selalu bisa mengakses komputer anda. Banyak penyedianya ada yang gratis ada yang berbayar. Nah untuk yang gratis saya referensikan www.dynu.com. Anda harus daftar terlebih dahulu disana.

7. Pada halaman utama dynu.com, klik pada kolom Dynamic DNS, maka anda akan diarahkan pada halaman pilihan Dynu Basic dan Dynu Premium. Karena cari gratisan maka pilih saja Dynu Basic. Ikuti pendaftaranya sampai selesai maka anda akan mendapatkan email konfimasi.

DYNU 1

Klik Dynamic DNS

DYNU 2 Klik tulisan Basic

DYNU 3

Klik pada tulisan registering

DYNU 4

Karena mau gratisan maka pilih yang Third domain bla bla bla…hhehe, kemudian klik continue

DYNU 5

Masukkan nama domain yang ingin anda pakai untuk ip komputer anda

8. Setelah itu anda ikuti saja proses pendaftaran sampai selesai, dan anda akan mendapat email konfirmasi.

9. Setelah mendapat email konfirmasi dan login ke dalam web dynu.com, masuk ke halaman Control Panel, pilih menu Basic Dynamic DNS Services, pilih General Setting, maka secara otomatis IP anda sudah ada di kolom IP Address. Pada atasnya ada tulisan inactive, anda klik tulisan itu dan pilih aktive. kemudian pilih save.

10. Setelah itu jangan lupa download Dynu Basic client. Menu download ada pada bagian bawah web. Aplikasi ini berfungsi melakukan update IP komputer kita ke server dynu.

11. Jika semua itu sudah anda lakukan, coba anda akses komputer anda dengan mengetik nama domain yang sudah anda buat pada dynu.com.

12. Selamat mencoba.

Comments