Friday, June 29

Menformat & Mencetak Buku dengan Microsoft Office Word 2010

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tentang cara memformat dan mencetak buku dengan Ms. Office Word 2010. Ok to the point saja, langsung saya sampaiakan tahap per tahap:
Pertama, buka Ms. Office Word 2010.
Kedua, setelah terbuka aplikasi langsung menuju pada menu Page Layout—Size—pilih More Paper sizes, maka akan muncul jendela Page Setup.
Ketiga, pada Page Setup ini dilakukan pengaturan pada Margin, Paper dan Layout. Pada Margin Top diisi dengan nilai 2 cm, Bottom 1,5 cm, Inside 1,5 cm dan Gutternya 1 cm. Nilai-nilai tersbut itdak baku, jadi silahkan anda bereksperimen dengan selera anda dan coba dicetak untuk mengetahui hasil eksperimennya. Kemudian pindah ke Paper.  
MARGIN
Pada Paper, pilih size pilih legal. Nilai width diganti dengan 33 cm dan Height diganti dengan 21,5 cm. Kemudian pindah ke Layout.
PAPERPada Layout, Headernnya diberi nilai 1 cm dan Footernya 0,7 cm, namun anda juga bebas mengisi sesuai dengan keinginan anda, silakan dicoba-coba. Pada menu centang dibagian atasnya bisa dicentang seseuai denga kebutuhan. Jika anda ingin membuat header dan footer yang posisinya selalau ditepi buku, maka keduanya dicentang, namun jika anda tidak akan membuat header dan footer, maka tidak dicetang tidak apa-apa. Kemudian klik Ok.
LAYOUT
Keempat, maka bisa dilihat hasilnya seperti berikut ini:
JADI
Kelima, bagaimana cara measukkan teksnya? Saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi karena saya yakin and asemua sudah bisa bagaimana cara menegtik dan copy paste di Ms. Word, begitu juga cara memasukkan gambar dan lain-lainnya. Mungkin yang menjadi Pertanyaan adalah bagaimana cara mencetaknya? langsung saja menuju tkp…eh langkah ke enam.
Keenam, untuk mencetak buku yang sudah anda format dengan Ms. Office Word 2010 caranya adalah (kita asumsikan sudah ada teksnya ya): tekan Ctrl + P maka akan tampil jendela Print. Kemudian sorot dan klik pada teks Print One Sided, maka akan muncul pilihan seperti pada gambar dibawah. Anda pilih saja Manually Print on Both Sides. Klik tombol print pada bagian atas. Maka proses cetak akan jalan. Dan muncul pesan yang meminta anda untuk mengembalikan kertas yang sudah keluar dan pasang lagi pada printer. Setelah proses pertama selesai, maka anda harus membalik kertas yang keluar pertama dan meletakkan lagi pada printer, baru selanjutnya klik Ok ada pesan tersebut. 
PRINT 
Nah..jika anda mengikuti tips ini dengan benar, maka anda akan mendapatkan hasil berupa buku yang anda inginkan. Sangat simpel bukan? Silakan bereksperimen sesuka anda.

4 comments:

  1. kalau proses ngeprintnya baru dapat setengah, misalkan hal 1-100 dan baru ter prin separuhnya. kemudian kita terhenti karna mati lampu. Bisakah kita melanjutkan ngeprin lagi untuk menyelesaikan halaman untuk sisi baliknya. apakah lanjut saja atau ngprin dari awal lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau soal terhenti karena mati lampu saya belum pernah mengalami mas. sepertinya harus mengulang dari awal. saya sarankan saat mencetak jangan sekaligus 100 halaman, namun dipecah menjadi pecahan kecil, sehingga kita lebih teliti. dan juga kasihan printernya mas, head cartridenya pasti akan sangat kepanasan. juga untuk menjaga-janga tinta kehabisan.

      Delete
  2. assalam... terima kasih .. manfaat

    ReplyDelete