Solusi Jika Windows Ori Pada PC atau Laptop Anda Terhapus

Beberapa hari yang lalu ada salah satu teman yang minta tolong kepada saya untuk mengecek sistem operasi pada laptopnya. Masalah yang dihadapi adalah, bahwa sebelumnya OS pada laptop tersebut adalah Windows & Home Premium OEM. Karena sempat ada masalah pada sistem operasinya, laptop tersebut diinstal ulang olehnya dengan windows 7 Ultimate bajakan. Karena ia ingin menjual laptop tersebut, maka ia minta bantuan bagaimana caranya agar OS pada laptopnya kembali menjadi OS Ori.
Setelah saya tanya apakah ada back up-nya, ternyata ia tidak mempunyai back up. Sebelumnya saya sempat bingung bagaimana caranya  agar kembali ori, sedangkan back up dari windows tersebut tidak ada. Akhirnya tanya pada mbah google dan jawabannya pun dapat.
Sederhana saja, jika pada laptop atau pc anda memakai OS windows ori dan kebetulan anda tidak memiliki back up dari OS tersebut, dan terpaksa anda harus instal ulang karena ada masalah dengan OS tersebut, anda tidak perlu khawatir. Tindakan yang harus dilakukan adalah instal seperti biasa laptop atau pc anda dengan OS yang sama, teteapi serial number yang anda pakai adalah serial number pada stiker di bagian bawah laptop anda, atau kalau pada pc itu terdapat pada bagian atas kasing pc anda. Misalnya sebelumnya OS yang nada pakai adalah Home Premium, maka saat instal ulang anda harus memakai home premium juga, agar serial number yang anda miliki bisa diterima oleh pc atau laptop anda. Agar lebih yakin bisa anda coba untuk aktivasi online. Maka microsoft akan memferifikasi bahwa OS yang nada pakai adalah OS ori. Sangat sederhana bukan?
Nah solusi lainnya adalah…biasakan diri anda melakukan back up terhadap data anda, khusunya sistem operasi. Karena dengan memilki back up, maka akan sangat memudahkan anda dalam menggunakan data-data anda atau sistem operasi anda, khususnya sistem operasi. Jika ada masalah dengan OS yang sedang dipakai, maka anda tingal memanggil back up yang sudah ada, maka masalah pada OS yang sedang dipakai akan teratasi.
Demikian share sedikit pengalaman.
Technorati Tags: ,,,,

Comments

Post a Comment