Membuat Label CD/DVD dengan Ms. Office Word 2010

Beberapa hari yang lalu saya mendapat pekerjaan dari kakak untuk mengopi film CD Mahabharata. Kendala terjadi saat  saya harus membuat label cdnya. Karena membuat label cd merupakan keahlian yang belum saya punya, maka saya sempat menghindar juga, saya sarankan untuk orang lain saja yang membuatnya. Suatu malam saya berinisitif untuk browsing dengan kata kunci “membuat label cd dengan office 2007”. Akhirnya dapat juga triknya dari salah satu blog http://gustran.blogspot.com. Bagaimana caranya? berikut tahapan-tahapannya:
1. Langkah pertama tentu saja buka aplikasi Ms. Wordnya (saya memakai word 2010 saat ini). Untuk mempermudah dalam pengukuran jarak, maka fitur penggaris dan garis tepi lembar kerja harus diaktifkan. Cara mengaktifkan garis tepi lembar kerja adalah: File—Option—Advance—pada sub Show document content centang teks yang berbunyi Show text boundaries, kemudian klik ok, maka garis tepi pada lembar kerja Ms. Word akan muncul. Kemudian menampilkan penggaris pada bagian atas lembar kerja caranya adalah: pada menu pilih View—dan cetang kata yang berbunyi Rule, maka secara otomatis akan muncul penggaris pada bagian atas lemar kerja. Jika ini sudah dilakuakn, maka masuk ke tahapan kedua.
2. Pada tahapan kedua ini yang harus dilakuan adalah mengukur panjang dan lebar kertas label yang akan digunakan untuk mencetak label cd. Yang perlu diukur adalah:
a. Panjang dan lebar kertas label
b. Diameter lingkaran label
c Lebar area dari lingkaran ke tepi kertas label, bagina kanan, kiri dan atasnya.
Seperti kertas label yang saya pakai ukuran-ukurannya adalah: panjang: 26,4cm, lebar: 13,8cm. Diameter lingkaran: 11,7cm, tepi kiri: 1cm, tepi atas: 1cm. 
3. Jika kertas sudah diukur, maka pada tahapan ketiga ini adalah kembali ke lembar kerja. Yang harus dilakuakan adalah memasukkan semua ukuran tadi ke layout label cd yang kita buat. caranya adalah melalui Page Layout –>Size:
PAGE LAYOUT1Gambar diatas adalah pengaturan ukuran kertas yang saya pakai berdasarkan hasil ukur.
PAGE LAYOUT2Gambar diatas adalah ukuran tepi atas dan tepi kiri dari luar lingkaran label cd. ukuran pada kolom bottom dan right bisa diabaikan saja, karena tidak terlalu berpengaruh terhadap hasil cetak. Pada Top saya tetap memakai ukuran 1cm karena sudah pas dengan hasil cetak, pada Left saya pakai ukuran 0,9cm karena ukuran ini yang cocok dengan hasil cetak, karena jika saya pakai 1cm juga, hasil cetak akan bergeser.
4. Jik ukuran kertas sudah dibuat, maka selanjutnya dalah membuat lingkaran. Caranya adalah dengan menggunakan Fitur Oval pada submenu Shape.Klik Insert—>Shape—>Oval. Kemudian gambar lingkaran pada lembar kerja yang sudah dibuat tadi.
LINGKARAN1
5. Saat pertama kali menggambar lingkaran tentu saja tidak akan terbentuk lingkaran yang sempurna, nah agar lingkaran yang terbentuk sempurna, maka anda harus mengaturnya dengan ukuran yang absolut. caranya adalah: klik kanan pada lingkaran yang sudah digambar, kemudian pilih More Layout Options, maka akan tampil jendela Layout. Pada kolom Size atur Absolut pada Height dan Weight menjadi 12cm. Kenapa 12 cm? Agar lingkaran yang dibuat lebih besar sedikit dari lingkaran pada kertas label, untuk menghindari pergeseran yang banyak saat mencetak labelnya.
LINGKARAN2 
LINGKARAN3
6. Setelah diatur seperti gambar diatas, klik oke. Maka lingkaran yang nada buat sudah merupakan lingkaran yang sempurna. Selanjutnya anda bisa memasukkan gambar atau model lainnya ke dalam lingkaran. Caranya adalah: Klik kanan pada lingkaran kemudian pilih Format Shape. Pada Jendela Format shape pilih Fill kemudian klik Picture or texture fill. Jika menggunakn teksture maka bisa dipilih pada drop down texture. Jika ingin menggunakan gambar maka klik pada tombol File. Saya menggunakan gambar Kereta Mahabharata.
LINGKARAN4
LINGKARAN5
7. Di dalam lingkaran itu masih ada garis tepi lingkaran, yang nantinya klau anda mencetak laelnya maka garis itu akan ikut tercetak. Untuk menghilangkan garisnya maka Klik kanan lagi pada lingkaran, Format Shape, Line Color dan pilih No Color, Klik Ok.
8. Selanjutnya adalah memasukkan tulisan/judul pada label. Kalau yang ini cukup mudah, anda bisa menggunakan Word Art. Tidak perlu saya jelaskan karena anda pasti sudah terbiasa menggunakan word art.
9. Jika sudah selesaia nda mengatur judulnya, maka saatnya anda mecoba mencetaknya pada kertas label yang sudah anda siapkan. Jika hasil cetak sudah tepat pada lingkaran pada kertas, maka anda sudah berhasil membaut label, namun jika masih ada pergeseran, maka anda perlu menyeting ulang ukuran kerta pada lembar kerja anda.
Demikian tips dari saya, selamat bekerja dan mecoba, jika ada pertanyaan, bia tulis komentar di bawah.

Comments

  1. Thanks,slesai deh tugas coverku.Muantap....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas Aliwu... semoga bermanfaat...

      Delete
  2. Tugas lancar jaya berkat tutorial mas ini.
    Suwun..

    ReplyDelete
  3. buat label cd dengan word.
    ok jg...

    ReplyDelete
  4. Makasih om tutorialnya sangat membantu saya, terutama tugas skripsi...

    ReplyDelete
  5. Terima kasih kang, sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mas...kreatif itu asik loo hehe

      Delete
  6. buat lingkaran kecil ditengahnya bagaimana ya mas? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga usah dibuat ga papa kok mas, yang penting pas ngeprint sudah pas. soalnya kertas labelnya kan sudah terpotong di tengah-tengahnya.

      Delete

Post a Comment