Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Menggunakan dan Merawat hardisk Eksternal

Hardisk eksternal adalah salah satu media penyimpanan ekternal dengan kapasitas besar yang ada saat ini. Ini merupakan sebuah solusi bagi orang-orang yang bekerja dengan banyak data dalam jumlah besar dan memiliki mobilitas tinggi. Mengapa demikian? Hardisk eksternal bisa dibawa kemana-mana dan penggunaannya sangat mudah karena hardisk eksternal menggunakan interface USB dalam komunikasi datanya. Selain itu hardisk eksternal juga bisa digunakan sebagai media penyimpanan backup dari laptop atau pc. Seperti saya sendiri misalnya menggunakan hardik eksternal untuk menyimpan data backup.
Sama dengan halnya hardisk pada umumnya baik hardisk pc ataupun hardisk laptop, hardisk eksternal rentan terhadap guncangan. Hal ini dikarenakan “jeroannya” adalah piringan yang berputar. Oleh karena itu karena sifatnya yang portable, maka penggunaan hardisk eksternal harus ekstra hati-hati karena rentan rusak, baik itu karena guncangan maupun karena arus listrik dari pc atau laptop tempat hardisk eksternal dipasang.
Beberapa tips yang bisa dilakukan saat menggunakan hardisk eksternal antara lain:
1. Saat menghubungkan hardisk eksternal dengan pc, pastikan usb hardisk eksternal tertancap pada port usb utama pc (biasanya di panel belakang), karena arus listrik pada port usb utama biasanya lebih stabil.
2. Jika hardisk eksternal menggunakan dua kabel usb, sebaiknya pasang keduanya, walaupun terkadang dipasnag satu saja hardisk sudah terbaca di pc atau laptop. Dipasang keduanya ini juga berfungsi untuk menjaga kestabilan arus listrik yang masuk ke dalam hardisk. Arus listrik yang tidak stabil masuk ke dalam hardisk bisa menyebabkan hardisk mengalami bad sector.
3. Setelah selesai menggunakan hardisk eksternal, jangan langsung dicabut dari pc atau laptop, pastikan mencabutnya melalui metode “Save Remove Hardware”, karena hardisk eksternal menggunakan format partisi NTFS. Format partisi NTFS mengharuskan pemutusan hubungan hardisk atau usb flash dengan prosedur “Save Remove Hardware” untuk menghindari kerusakan partisi.
4. Dalam membawa atau menyimpan hardisk eksternal, pastikan terhindar dari getaran, guncangan atau benturan. Pastikan juga hardisk jangan sampai terjatuh. Karena jika hal ini terjadi maka dapat merusak rotor yang terdapat di dalam hardisk atau jarum head hardisk bisa tergeser. Jika hal ini terjadi hardisk akan mengalami bad sector.
5. Jika mempunyai uang lebih, usahakan ada mempunyai bungkus untuk hardisk eksternal anda, usahakan yang bersifat agak lentur dan lembut, agar jika sewaktu-waktu hardisk terbentur atau terjatuh tanpa sengaja, hardisk tidak mengalami guncangan yang berarti.
Demikian beberapa tindakan yang bisa dilakukan jika anda memiliki dan menggunakan hardisk eksternal, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.
jogjaspirit Tags: , ,

Komentar

  1. nice info,, ada gak tool2 untuk merawat hd external ini..

    http://www.initialDS.co.cc

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tool-tool untuk memperbaiki kerusakan ringan bisa menggunakan Hiren's Boot CD. Namun kalo sekedar merawat agar performanya tidak menurun bisa menggunakan fitur defragment nya windows. bisa juga menggunakan defargment dari Tune Up. Kalo tool ada banyak seperti Hdd Regenerator, MHDD, dan lainnya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini