DPP Peradah DIY Hadiri PAKEMNAS Peradah di Taman Wiladatika, Cibubur

Mungkin berita ini sudah basi untuk ditulis, namun tidak ada salahnya untuk disampaikan.

Sepuluh pengurus DPP Peradah DIY dan dua pengurus DPK Peradah Gunung Kidul menghadiri acara PAKEMNAS di Cibubur, Jakarta yang diselenggarakan oleh DPN Peradah Indonesia. Rombongan perwakilan dari Yogyakarta ini berangkat pada tanggal 16 Februari yang dibagi menjadi dua rombongan. Rombongan pertama sebanyak 6 orang berangkat  pagi dengan menumpang kereta api dan rombongan kedua berangkat sore dengan membawa mobil sendiri.

PAKEMNAS adalah program tahunan yang rutin diselenggarakan oleh DPN Peradah Indonesia dalam rangka pemberian bekal kepemimpinan bagi kader-kader Peradah baik di pusat maupun daerah. Acara ini diikuti hampir oleh seluruh propinsi yang ada di Indonesia. Menurut data kehadiran, jumlah peserta yang hadir adalah 140 an utusan dari 24 propinsi.

Acara PAKEMNAS ini diselenggarkan pada tanggal 17-19 Februari 2012. Namun waktu yang efektif hanya pada tanggal 17 dan 18 Februari. Karena acara dibuka tanggal 17 inilah, maka utusan dari Yogyakarta berangkat ke tempat acara tanggal 16, dengan asumsi utusan sudah sampai di tempat acara beberapa jam sebelum acara dimulai.

Mengapa perlu mengikuti acara ini? Mengikuti acara pelatihan kepemimpinan sangat diperlukan oleh generasi muda pada umumnya agar generasi muda memiliki bekal kepemimpinan, sehingga kelak setiap pemuda jika ditunjuk untuk menjadi pemimpin dalam kelompoknya ia bisa memimpin kelompoknya dengan baik dan paling tidak bisa memimpin dirinya sendiri. Khususnya untuk pengurus DPP Peradah DIY, mengikuti acara ini sangat memberi manfaat yang besar karena pengurus DPP Peradah yang ada saat ini merupakan pengurus yang benar-benar baru dan bukan merupakan pengurus kaderisasi. Hal ini disebabkan, DPP Peradah DIY sempat mengalami kevakuman beberapa periode, sehingga tidak ada proses kaderisasi dalam kepengurusannya.

Dalam pelaksanaannya, acara ini diisi dengan sesi-sesi dari beberapa narasumber yang kompeten, yang tentunya sudah memiliki prestasi yang bisa menjadi sumber inspirasi bagi peserta PAKEMNAS. Masing-masing narasumber berbagi pengetahuannya dan pengalamannya dalam berorganisasi dan dalam kepemimpinan.

Dengan adanya acara PAKEMNAS ini, maka ada proses kaderisasi bagi pengurus Peradah baik pusat maupun daerah. Sehingga Peradah bisa kelak melahirkan calon-calon pemimpin yang berguna bagi nusa dan bangsa. 

jogjaspirit Tags: , ,

Comments