Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Merawat UPS agar lebih awet

Image(054)Hallo…update lagi ya, kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara saya merawat ups saya dirumah agar awet. Jadi bagi pengguna ups wajib membaca ini.
Saya memakai ups ersys 1200va. Sekitar 1 bulan yang lalu saya ganti akinya dengan aki baru, karena aki yang sebelumnya sudah lemah, karena sudah tidak bisa mem-backup saat mati lampu. Akinya saya ganti dengan aki Panasonic seharga 320 ribu (1 aki 160 ribu). Setelah diganti akinya, ups saya bisa mem-backup  sekitar 40 menit, tergantung besarnya daya yang dipakai komputer.
Ups sebagai salah satu perangkat elektronik, tentu saja memiliki kelemahan yang sama dengan dengan perangkat elektronik lainnya, yaitu sensitif terhadap panas. Jika sudah panas, maka kinerjanya akan menurun. Begitu juga ups, jika panas maka kinerjanya juga menurun, karena panas pada ups sangat berpengaruh terhadap usia baterai (aki). Hal ini menyebabkan daya backup  ups akan cepat sekali berkurang.  Panas pada ups disebabkan oleh trafo yang terdapat di dalamnya.  
Berdasarkan kelemahan di atas, jika kita ingin agar ups yang kita pakai lebih awet maka kita perlu sedikit kreatif, agar panas pada ups berkurang atau bagaimana caranya agar ups tidak panas sama sekali.
Image(053)Image(055)
Nah…yang saya lakukan untuk mengurangi panas pada ups saya adalah dengan menambahkan kipas pada lubang ventilasi ups. Kebetulan pada ups yang saya pakai, terdapat lubang ventilasi di sisi kanan dan kirinya. Jika anda memakai ups sekelas APC, biasanya ups sudah memiliki kipas sendiri, langsung dari pabriknya. Kipas yang saya pasang adalah kipas case yang berukuran 12 cm. Ups ini saya pasangi 2 kipas, jadi kedua ventilasi saya pasangi kipas. Kipas ini sayang hubungkan dengan psu komputer sebagai sumber dayanya. Jadi kipas ini akan hidup jika komputer dihidupkan.
Bagaimana cara menempelkannya? gampang, tempelkan saja dengan lem bakar. Datang saja ke toko elektronik, biasanya semua toko elektronik menjual lem bakar. Daya rekat lem bakar ini lumayan kuat dan cepat kering.
Sebenarnya kalau mau lebih kreatif lagi dan anda mengerti elektronik adalah memasang kipas di dalam ups, namun karena saya tidak memiliki kelahlian elektronik, supaya lebih sederhana dan mudah, maka kipas saya hubungkan dengan psu pc.
Akhirnya…hasilnya adalah…walaupun ups saya bekerja 24 jam, maka ia tetap cool. Demikian sedikit sharing pengalaman, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini