Cara Memilih Mesin Cuci Sesuai dengan Selera dan Budget yang Dimiliki

Gambar
Di jaman modern ini setiap orang memiliki kesibukan yang cukup padat sehingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk melakukan kegiatan dasar rumah tangga, misalnya mencuci. Dengan kehadiran mesin cuci tentu hal ini sangat membantu dan meringankan beban khususnya beban ibu-ibu rumah tangga dalam mencuci. Tahu mesin cuci kan?

Kamera Terbaik untuk Vlogging



Berbicara tentang vlogging maka tidak bisa lepas dari yang namanya kamera. Judul postingan ini adalah pertanyaan yang berkali-kali muncul di benak saya sampai saat ini. Jadi kamera apa yang paling bagus untuk vlogging atau untuk youtuber?


Topik seperti ini bahkan di bahas juga oleh youtuber terkenal yaitu Casey Neistat. Dalam videonya dia memberikan penjelasan mengenai kamera-kamera yang ia miliki dari awal sejak ia memiliki kamera video sampai kamera yang ia miliki saat ini. Ia membuat video membahas kamera terbaik untuk youtuber kamera banyak sekali pertanyaan seperti judul postingan ini yang datang kepadanya.

Dari video tersebut, sesuai dengan apa yang di katakan oleh Casey Neistat, bahwa kamera terbaik untuk vlogging atau youtube atau untuk membuat video, atau apalah itu adalah kamera yang dimiliki saat ini. Jika anda hanya memiliki handphone android, maka kamera pada hp anda adalah yang terbaik untul vlogging. Jika anda memiliki kamera pocket, maka kamera pocket adalah yang terbaik untuk youtube. Jika anda memiliki camcorder maka camcorder adalah kamera terbaik untuk merekam video dab seterusnya, sampai DSLR.

Jadi jika anda ingin membuat video, memulai channel di youtube maka mulailah dari sekarang, Just Do It. Jangan menunggu sampai anda memiliki DSLR 70D atau 80D atau kamera super mahal lainnya. Mulailah merekam video dengan kamera yang ada di tangan anda. Jika anda pemula dalam hal video atau dunia youtube, lupakan dulu masalah kamera, karena yang terlebih penting adalah kreativitas yang mendasari konten video anda yang lebih penting.

Sebenarnya yang paling mendasar adalah apakah anda bisa atau tidak mengoperasikan kamera yang anda miliki, he he.  Kalau tidak bisa mengoperasikan kameranya, mau sebagus apapun kamera yang dimiliki, tidak akan bisa menghasilkan video yang bagus.

Di sini saya mengatakan demikian bukan bermaksud untuk melarang membeli kamera bagus untuk membuat video di youtube. Jika anda memiliki uang yang cukup untuk membeli kamera yang anda inginkan maka bagus sekali.

Di dalam tulisan ini saya ingin memberi motivasi bahwa untuk menghasilkan video yang bagus jangan hanya terpaku pada kamera saja, namun lebih pada kreatifitas. Gunakan dulu apa yang anda miliki saat ini. Hal itu akan lebih bermakna dan memiliki nilai. Yang penting adalah kuasai dulu dengan sepenuhnya pemakaian kamera yang dimiliki saat ini.

Video hasil dari Nokia E63

 Saya sendiri masih belajar membuat video untuk youtube sampai saat ini, walaupun saya join di youtube sudah lama. Kamera pertama yang benar-benar saya miliki dan saya pakai untuk merekam video adalah kamera dari Nokia E63. Saat itu sebenarnya saya memiliki kamera Canon Powershot A2300 HD, namun tidak terbersit keinginan untuk merekam video dengan kamera tersebut.

Jadi cukup banyak video yang saya rekam dengan Nokia E63 dan saya upload ke youtube. Saat itu tidak benar-benar memiliki skill dalam editing video, jadi hanya ala kadarnya saja. Saya dulu editing hanya menggunakan Movie Maker (sudah pernah saya bilang pada postingan sebelumnya ya).

Kemudian setelah saya menyadari asiknya merekam video, saya mulai menggunakan Canon Powershot A2300 HD yang saya miliki untuk merekam video. Sangat banyak sekali video yang saya rekam dengan kamera ini. Kamera ini saya pakai lebih dari 2011 sampai saat ini.

Namun saat ini kamera ini sudah jarang saya pakai karena saya memiliki kamera lain untuk merekam video. Saat ini saya menggunakan camcorder Panasonic HC-V180 untuk merekam video. Saya sudah memakai kamera ini kurang lebih 6 bulan.

Mengapa tidak menggunakan DSLR atau mirroless saja? Mungkin akan saya ceritakan pada postingan lain, jadi tunggu saja.

Namun yang terpenting adalah jangan memaksakan diri untuk membeli kamera yang mahal untuk kebutuhan merekam video untuk youtube. Sesuaikan saja dengan budget yang anda miliki. Manfaatkan fasilitas yang ada pada anda saat ini. Sekarang adalah jamannya smartphone, saya yakin anda memiliki smartphone saat ini. Jadi gunakan smartphone anda untuk merekam video. Bukankah saat banyak smartphone dengan kamera yang sangat bagus?

Di bawah ini adalah video dengan menggunakan HC-V180.

Video hasil dari HC-V180

Komentar

Postingan populer dari blog ini